Cara Mudah Belajar Coding Untuk Pemula

Kali ini saya tidak akan membahas materi tentang logika coding dahulu . Yang akan saya bahas sekarang adalah tentang bagaimana cara kita dalam belajar coding . Mungkin bagi orang yang sudah terjun dalam dunia programmer , coding bukan lah hal yang menakutkan dan menyulitkan karena itu makanan mereka sehari hari tentunya selain makan nasi ya hehehe....


Cara Mudah Belajar Coding Untuk Pemula


Walaupun saya akui , saya juga bukan orang yang master banget soal programming namun di sini saya akan memberikan sedikit pembahasan dari pengalamn saya sendiri dalam mencoding .

Harus dari mana sih kita belajar mencoding atau belajar tentang bahasa pemrograman ???

1 . Pilih satu bahasa pemrograman yang ingin kawan - kawan kuasai . Terserah mau bahasa pemrograman apa saja , bisa bahasa pemrograman dekstop seperti java , c++ , c , dan masih banyak yang lain atau bisa bahasa pemrograman web seperti php dan yang lainya . Tapi saya anjurkan bahasa java , karena blog saya membahas tentang java dan java menurut saya tidak terlalu sulit .

2 . Selalu mencoba mengotak atik coding . Dengan kita mengotak atik coding kita akan tau dan akan terbisa dengan yang namanya coding .

3 . Error merupakan hal yang wajar dalam belajar . Setiap orang yang sedang belajar pasti sering mengalami yang namanya error , begitu juga dengan saya sendiri .

4 . Carilah tutorial dari buku ,entah itu kawan-kawan membeli buku atau meminjam buku terserah kawan-kawan . Selain buku juga bisa mencari lewat internet bersama embah google . Bisa juga ni baca di blog ini , lagi lagi promosi ni hehehe....

5 . Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mencoding . Ingat pepatah jawa bilang "Tresno jalaran soko kulino" yang artinya suka itu karena sudah terbisa . Jadi jika kawan-kawan sudah terbiasa dengan coding maka lama kelamaan kawan-kawan akan suka . Apa lagi jika kita menemukan error dan kita bisa mengatasi nya rasanya itu seperti kejatuhan durian runtuh .

6 . Bergabunglah dengan forum - forum programming yang sudah ada dan mulailah sharing ilmu dengan yang lainnya .

Kemudian untuk belajar java saya berikan sedikit arah an harus mulai dari mana dulu . Kalo menurut saya sendiri dalam belajar java enaknya mengikuti alur seperti ini .

1 . Membaca dahulu tentang apa itu java dan apa saja yang di perlukan .
2 . Belajar tentang bagaimana cara membuat project , saya sarankan menggunakan IDE netbeans.
3 . Belajar tipe data dan operator.
4 . Belajar seleksi kondisi (IF - ELSE atau SWITCH CASE).
5 . Belajar looping atau perulangan (FOR , WHILE dan DO WHILE).
6 . Belajar Method (FUNGSI dan PROSEDUR).
7 . Belajar array satu dimensi dan juga dua dimensi atau matrik kemudian juga array banyak dimensi .

Saya kira itu sudah cukup untuk membuat kawan-kawan mengerti tentang bahasa pemrograman java . Itu merupakan materi dasar dalam perkuliahan di sebut dengan algoritma . Kalian harus menguasai itu dulu untuk belajar java lebih lanjut karena masih banyak jika kita berbicara tentang java .

Itu dulu yang dapat saya bagikan kali ini . Terus semangat coding dan jangan menyerah jika bertemu error . Nantikan terus postingan selanjutnya hanya di evandiadam.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .

Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser