Mengatasi Penolakan Konten Tidak Memadai Google Adsense

Apakah anda sedang berusaha menjadi Publisher Google Adsense, namun setelah berhasil mendaftar dan beberapa hari/minggu menunggu email balasan ternyata hasilnya mengecewakan yaitu ditolak dengan alasan “Konten tidak Memadai“. Pastinya hal ini sangatlah menjengkelkan terutama untuk anda yang sudah tidak sabar mendapatkan penghasilan dari Internet. Berikut screenshot email penolakan dari Google Adsense.

Dari kalimat-kalimat yang tertulis pada screenshot tesebut, terdapat enam point yang akan kita bahas agar kedepannya anda dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan blog/web menjadi lebih baik dan diterima menjadi Publisher Adsense selanjutnya.

Mengatasi Masalah Konten Tidak Memadai Google Adsense

1. Laman berisi teks yang memadai

“Pastikan laman anda berisi teks yang memadai – situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui”.



Maksud dari kalimat diatas adalah banyak/sebagian besar artikel didominasi oleh gambar dan video. Hal ini sejatinya tidak dilarang, namun tidak diperkenankan berlebihan terutama jika dalam satu artikel terdapat banyak gambar dan video dengan sedikit teks yang memadai, hal ini dianggap kurang bermanfaat untuk para pembaca. Maka dari itu, gunakanlah gambar dan video sebagai “pelengkap” lalu perbanyak kata dan kalimat agar artikel terlihat lebih berkualitas.


2. Konten bukan sekedar judul

“Konten anda harus berisikan kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekedar judul”



Langkah pertama yang harus anda pikirkan adalah membuat sebuah konten yang berkualitas, bukan hanya sekedar judul. Hal ini biasanya terjadi pada blog-blog AGC (Auto Generatated Content) dan semacamnya. Bagi Google, blog seperti itu haram dan tidak akan diterima menjadi publishernya.

3.  Situs sepenuhnya rampung

“Pastikan situs web anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum anda mengajukan permohonan Adsense – Jangan ajukan permohonan ketika situs anda masih dalam versi beta atau tahap “sedang dibuat” atau hanya terdiri dari kerangka situs web”



Penjelasan kalimat diatas mutlak, situs anda harus sepenuhnya rampung dan tidak sedang dalam masa pembangunan. Jika anda sudah benar-benar puas dengan kecepatan, desain tampilan, dan sebagainya terkait dengan situs anda, silahkan daftarkan ke Adsense.

Nah, satu hal yang perlu anda ketahui jangan pernah mengutak-atik template saat review ke-2 jika anda melakukannya, bersiaplah mendapatkan email penolakan. Pada tahap ini anda hanya harus memposting artikel sebanyak-banyaknya dan terus berdoa.



4. Tempatkan iklan di laman aktif situs

“Tempatkan iklan dilaman aktif situs anda. Tidak harus laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan Adsense tidak akan disetujui”
Setelah membaca dan bertanya pada beberapa mastah akhirnya saya temukan penjelasannya. Maksud dari kalimat diatas adalah setidaknya ada satu unit iklan yang selalu tayang atau tampil pada blog anda. Saran lainnya, lepas semua iklan terlebih dahulu sebelum anda mendaftar Google Adsense.

5. Navigasi situs yang jelas

“Sediakan sistem navigas yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs anda”
Bagaimana pengunjung menemukan bagian-bagian dalam situ anda, terutama bagian artikel. Pertama gunakan label untuk memberikan kategori pada setiap artikel, manfaatkan widget label atau menu-navigasi yang biasanya terletak dibawah header, dan buatlah sitemap pada blog. Lalu buat halaman About, Privacy, Contact, dan sebagainya, gunakan widget yang menurut anda perlu saja seperti posting populer, posting terbaru dan arsip blog.

6. Blog video tidak akan di setujui

“Jika anda ingin memonetisasi video Youtube, ajukan permohonan untuk program monetisasi Youtube. Perhatikan bahwa blog yang hanya berisi video tidak akan disetujui”
Jika anda memiliki blog yang hanya berisikan video maka tidak akan diterima menjadi publisher Adsense. Nah dari pada anda menghabiskan kuota dan waktu untuk mengupload video di blog anda yang kurang menguntungkan, lebih baik upload saja di Youtube. Anda bisa menghasilkan dollar dari memonitesasi video tersebut dan mendapatkan akun Hosted Google Adsense.
Bagimana dengan penjelasannya, saya harap artikel ini membantu anda menemukan jalan keluar untuk memperbaiki blog/web anda yang beberapa hari lalu atau baru saja ditolak Google Adsense. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar, saya akan mencoba membantu, semoga bermanfaat.
Baca Juga : ADSENSE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Penolakan Konten Tidak Memadai Google Adsense"

Post a Comment