Menghasilkan Banyak Uang dari Blog? Inilah Realitanya

Banyaknya cerita dan screenshot penghasilan dari blogger yang sudah lama mendapatkan banyak uang dari blognya, membuat banyak orang berusaha membuat blognya sendiri untuk mendapatkan penghasilan yang sama. Namun ketika proses mulai berjalan tidak sedikit para blogger yang akhirnya berhenti ditengah jalan.


Hal ini dipengaruhi dari pedoman awal yang salah, mungkin karena banyaknya artikel yang mengebu-ngebu dan memotivasi namun tidak menuliskan kenyataan yang sebenarnya. Jika anda sedang berusaha mencari uang dari blog, perhatikan beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memulainya. Hal ini diperlukan agar suatu hari saat hasil yang anda dapatkan tidak seperti apa yang anda bayangkan, anda tidak berhenti ditengah jalan dan terus mencobanya.


Menghasilkan Banyak Uang dari Blog? Inilah Realitanya

1. Blog tidak menghasilkan uang secara instant

Jika anda sedang membutuhkan uang dengan cepat, maka blog bukanlah solusi terbaik. Lebih baik anda mencari jalan keluar lainnya, karena mengelola blog yang dapat menghasilkan uang bukanlah perkara mudah.
Harus diketahui, anda tidak akan dibayar sepeserpun dalam beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun dari awal mulai membuat blog.
Cintailah perkerjaan anda sebagai seorang penulis, fokuslah membuat artikel yang unik dan original, datangkan banyak pembaca setia, pengujung dari mana saja, berhentilah memikirkan uang karena pikiran anda akan kacau bila terus memikirkannya.
Jika anda hanya memikirkan uang, saya rasa umur blog tidak akan panjang. Hal ini akan mempengaruhi mental anda, terutama saat blog anda tidak kunjung menghasilkan banyak uang.


2. Tanpa visitor berarti tidak ada penghasilan

Bagian kedua yang harus anda ketahui adalah jangan terburu-buru, sekali lagi datangkan banyak pembaca dan pengujung dari mana saja. Karena tanpa visitor tidak akan ada penghasilan dari blog anda.
Lihalah blog yang sudah memiliki banyak pengujung, mereka dengan mudah memanfaatkan hal tersebut untuk mencari penghasilan, jika anda gagal dalam mendaftar Google Adsense (Layanan iklan PPC paling populer), anda dapat mengandalkan banyaknya pengujung untuk bekerja sama dengan program afiliasi, membuat iklan online mandiri, atau menawarkan jasa yang dapat anda lakukan sendiri.
Jadi kesimpulannya, pengujung atau visitor adalah satu hal yang sangat vital dalam menghasilkan uang lewat blog. Anda tidak akan mendapatkan apapun tanpa mereka, untuk itu buatlah pengujung bahagia dengan artikel-artikel yang anda sajikan.

3. Jangan habiskan waktumu untuk memikirkan SEO

Bukan rahasia lagi apabila SEO sangat berpengaruh pada perkembangan blog, namun jika anda terus memikirkan hal tersebut tanpa adanya dukungan dari isi blog maka hasilnya nihil.
SEO hanya untuk mempermudah pengunjung menemukan blog anda, namun bukan berarti mereka akan terus membaca artikel yang anda tulis selanjutnya.
Maka dari itu akan lebih baik kembangkan blog anda terlebih dahulu dengan artikel-artikel yang berkualitas dan desain blog yang mudah digunakan oleh pengujung, barulah sebagian waktu tersebut digunakan untuk memikirkan SEO.
SEO memang penting, namun untuk menghasilkan banyak uang dari blog.. artikel berkualitas yang menarik banyak pengujung akan lebih penting.

4. Satu atau dua niche yang berhubungan akan lebih menguntungkan

Blogger pemula biasanya suka membuat blog dengan niche campuran atau biasa disebut dengan gado-gado. Memang membuat blog semacam itu terbilang mudah, karena anda akan dengan bebas menulis apapun yang anda pikirkan setiap harinya.
Namun menggunakan satu atau dua niche yang berhubungan, misalkan teknologi yang membahas handphone dan komputer akan mendatangkan pengujung yang lebih tertarget.
Anda akan dengan mudah mendapatkan pengiklan dengan blog tersebut dan dapat dengan mudah memikirkan “Apa yang laku dijual pada blog dengan niche teknologi?“. Anda pasti tahu jawabannya, yang jelas bukan sembako.

5. Jangan membuat blog bahasa inggris jika tidak mahir berbahasa inggris

Memang benar blog bahasa inggris memiliki prospek yang lebih tinggi dalam penghasilan dibanding blog berbahasa indonesia, namun jika anda tidak mahir berbahasa inggris, tidak usah memaksakan diri.
Selain kendala bahasa, artikel bahasa inggris dengan kalimat yang acak-acakan hanya akan membuat pengujung bingung dan bukan tidak mungkin mereka enggan datang kembali.
Anda dapat membayangkan jika ada orang luar negeri yang membuat blog berbahasa indonesia namun kalimatnya berantakan, apakah anda yakin akan terus membacanya? Mungkin satu atau dua paragraf saja sudah membuat anda pusing.
Namun bukan berarti anda tidak boleh membuatnya, semua terserah padamu ~


6. Google Adsense bukan satu satunya sumber penghasilan

Saya sendiri adalah publisher Adsense, namun berani berkata seperti ini karena salah satu teman saya berhasil mengembangkan blognya tanpa Adsense. Gagal ditolak berkali kali, akhirnya dia lari ke program afiliasi dan membuka jasa pembuatan website menggunakan ilmu otodidaknya. Penghasilannya bisa dikatakan lumayan bahkan luar biasa menurut saya pribadi. Namun perlu anda ketahui, dia menghabiskan waktu selama kurang lebih empat tahun.
Jadi teruslah menulis dan kembangkan blog anda, berhenti melihat screenshot para mastah yang membuat anda terus memikirkan uang dan gagal fokus mengembangkan blog yang anda kelola. Hal tersebut memang akan menggugah motivasi, namun tidak akan mengubah mental anda jika suatu hari dihadapkan dengan masalah sulitnya mendapatkan uang dari blog, semoga bermanfaat.
Baca Juga : ADSENSE

Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser