10 usaha modal kecil yang dapat menjadi peluang investasi menguntungkan







Mulai bosan dengan karir dan ingin menambah penghasilan, cukup dengan berinvestasi modal kecil? Sebenarnya menentukan pilihan investasi murah bukanlah merupakan hal yang sulit. Anda bisa mencobanya sendiri atau secara bersama-sama (berkelompok) dengan kerabat.
Memang, salah satu kendala memulai investasi biasanya terkait besaran modal yang harus ditanam. Tapi ternyata, hal tersebut bukan segalanya.
Usaha sederhana dengan investasi modal kecil juga dapat menjadi pilihan investasi menguntunkan dan murah asalkan anda jeli melihat resiko investasi dan mengaturi strategi terhadap keterbatasan dana.
Dengan memanfaatkan tabungan dari sisa uang gaji, Anda sebenarnya bisa memulainya investasi modal kecil dengan cara memberikan pinjaman modal usaha kepada pelaku usaha.
Usaha kecil biasanya memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha untuk mengurangi biaya sewa tempat, selain itu memanfaatkan anggota keluarga dalam menjalankan bisnis juga umum dilakukan untuk mengurangi biaya gaji karyawan, oleh sebab itu usaha kecil dapat menjadi pilihan investasi murah yang cukup menarik bagi investor yang tidak memiliki modal besar.
Berikut 13 usaha dengan modal kecil yang dapat menjadi pilihan investasi murah dan menguntungkan:

1. Bisnis kuliner

Bagi anda yang hobi jajan dan wisata kuliner, anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan investasi di bisnis kuliner. Tidak sedikit orang yang sukses menjalankan bisnis makanan, bahkan berkembang dan membuka cabang di tempat lain.
Sebagai kebutuhan primer, kuliner merupakan bisnis yang tidak pernah surut asal mampu berinovasi dengan menu untuk menghadapi persaingan usaha. Untuk mereka yang kesulitan dengan kendala teknis dalam berbisnis kuliner, bisa coba berinvestasi dengan pada pengusaha dibidang kuliner.

2. Bisnis kursus mengemudi

Tidak ada salahnya buat anda yang memiliki kendaraan mobil untuk lebih memaksimalkan manfaat dari kendaraan Anda, terutama bagi anda yang tidak terlalu banyak mobilitas dalam pekerjaan sehari-hari. Kendaraan yang seharian hanya diparkir di kantor tidak akan mendatangkan manfaat.
Sebaliknya jika kendaraan tersebut dikerjasamakan dengan lembaga kursus mengemudi, Anda akan mendapatkan menfaat berupa bagi hasil dengan lembaga kursus tersebut.

3. Jasa editing foto dan printing

Kemampuan dalam menggunakan software editing foto, seperti: CorelDraw dan Photoshop tidak dimiliki oleh semua orang, pasar konsumen untuk jenis usaha ini juga cukup menarik yaitu dari kalangan remaja. Apabila anda tertarik, investasi modal kecil bisa dilakukan dengan memberikan pinjaman modal usaha untuk membeli perangkat komputer rakitan dan printer yang harganya terjangkau.

4. Bisnis laundry

Bisnis laundry belakang makin menjamur, terutama di kawasan kos kosan bahkan perumahan. Dengan memberikan pinjaman modal usaha untuk membeli mesin cuci dan setrika kepada individu atau kelompok ibu-ibu rumah tangga, Anda pun dapat memulai investasi.
Bila Anda sudah merasakan keuntungan investasi bisnis ini, tidak ada salahnya segera melakukan investasi lagi di tempat lain karena jasa ini akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang.

5. Bisnis konveksi/menjahit

kisah sukses amartha

Sandang sebagai Kebutuhan sekunder bisa menjadi peluang investasi menarik untuk anda. Terlebih ketika semakin banyaknya partai politik, mereka selalu membutuhkan konveksi untuk pembuatan atribut partai terutama di musim kampanye. Untuk itu bisnis konveksi atau menjahit bisa menjadi pilihan tepat untuk investasi.
Untuk bisnis konveksi, amartha memiliki salah satu dari sekian banyak contoh sukses. Baca selengkapnya “Meningkatkan produktivitas usaha konveksi dengan P2P Lending“

6. Bisnis pulsa

Meski untung dari setiap transaksinya tidak terlalu besar. Namun, pulsa sudah hampir menjadi kebutuhan hampir seluruh orang dan bisnis ini pun tergolong mudah. Sudah cukup banyak orang yang terbilang sukses dalam melakukan bisnis ini. Apabila Anda tertarik pinjaman modal usaha dapat anda berikan berupa saldo kredit pulsa.

7. Melakukan investasi online

Saat ini dalam berinvestasi anda tidak perlu repot lagi ke luar rumah. Dengan kecanggihan teknologi, semua berada dalam satu genggaman. Salah satu marketplace lending yang bisa anda gunakan untuk melakukan investasi online adalah Amartha.com.
Menggunakan platform peer to peer (P2P) lending, perusahaan Financial Technology (FinTech) ini menawarkan investasi yang tidak terlalu besar, yaitu dengan modal minimal 3 juta rupiah.
Amartha juga memberikan keuntungan yang lebih besar daripada anda mendepositokan atau menabung di bank, yaitu sebesar 15 hingga 20 persen tergantung nilai investasi anda.
pinjaman gagal bayar
pinjaman gagal bayar ditekan hingga 0%
Dengan melakukan investasi di Amartha, anda tidak perlu khawatir uang anda tidak kembali. Karena, Amartha melakukan profiling pada setiap peminjam modal untuk memastikan kemampuannya dalam membayar. Selain itu sistem tanggung renteng yang diterapkan Amartha ke para peminjam mencegah kasus gagal bayar. Hal ini terbukti dengan 0 persen kegagalan pembayaran selama 5 tahun.

8. Membuat online shop

Membuat toko online saat ini sudah sangat mudah. Usaha modal kecil ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan tehnik dropship atau membeli barang di sebuah toko online dan menjualnya kembali dengan selisih harga. Anda dapat memulai investasi dengan memberikan pinjaman modal untuk membeli barang bagi para dropshiper ini.

9. Bermain iklan di website

Bila memiliki web atau blog dengan trafik pengunjung yang tinggi, program iklan online seperti Google Adsense, Kliksaya, Kumpulbloger dapat mendatangkan rupiah yang cukup banyak.
Namun persaingan di bidang SEO saat ini juga tidak mudah, kombinasi antara mencari trafik dan membeli trafik berbayar menjadi kunci. Pemain blog piawai akan pintar mencari celah antara membeli trafik besar dengan harga rendah dan menjual kembali trafik tersebut dengan harga tinggi.
Dengan bermodal trafik yang tinggi seorang bloger bisa menawarkan slot iklan dengan harga yang tinggi atau menyediakan jasa backlink untuk mendukung trafik website kliennya. B
ila Anda tertarik tidak ada salahnya anda melakukan investasi bersama bloger profesional untuk mengembangkan portal atau blog yang dapat mendulang trafik tinggi.

10. Jasa pembuatan web

Membuat website profesional atau yang sering disebut dengan web developer adalah peluang usaha yang sangat potensial karena tidak banyak pengusaha yang bisa membuat website profesional untuk mendukung bisnis mereka.
Dalam bisnis anda bisa berinvestasi dengan menyediakan kebutuhan server developer web. Selanjutnya bermodal kemahiran dalam memodifikasi aplikasi web opensource yang tidak berbayar, seorang website developer dapat menyulapnya menjadi sebuah website  dengan tampilan profesional.
Dari semua model usaha diatas, ada baiknya Anda melakukan invertasi pada bidang usaha yang sudah Anda kenal sebelumnya.
jenis jenis resiko berinvestasi
Jenis resiko dalam berinvestasi yang dibedakan menjadi sistemik dan non-sistemik
Supaya Anda dapat mengukur risiko kegagalan yang mungkin terjadi karena faktor perilaku pelaku usaha. Karena itu mengukur kemampuan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya juga sangat diperlukan. Selamat berinvestasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 usaha modal kecil yang dapat menjadi peluang investasi menguntungkan"

Post a Comment